Semua orang mendesain, ketika mereka merancang rangkaian rencana, cara, maupun aksi untuk merubah situasi yang ada sekarang, menjadi situasi yang lebih baik. Desain adalah sesuatu yang sangat mendasari aktifitas manusia—penempatan dan pengelolaan apapun untuk mencapai tujuan yang dinginkan adalah proses desain.

Pertanyaannya adalah, apa yang ingin kita tuju? Apa yang dimaksud dengan “situasi yang lebih baik” atau “tujuan yang diinginkan”? Bagaimana kita menuju ke sana? Apa saja yang kita perlu kita lakukan?

Sebelum kita dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, mungkin pertama-tama kita perlu mengerti dulu situasi kondisi (desain) di Surabaya. Dari pengalaman kami sejauh ini, ada beberapa keluh kesah dan pola umum yang dapat dengan mudah didengar di berbagai forum dan tempat, mulai dari yang resmi hingga warung kopi, antara lain: Pertama, sebagai disiplin (akademis) maupun industri, usia desain masih sangat muda di Surabaya dibandingkan dengan kota rujukan lainnya. Kedua, minimnya media dan ruang (space) yang mengakomodir komunitas, perkembangan dan dialog. Ketiga, minimnya referensi dan dokumentasi. Keempat, kemampuan komunikasi, presentasi yang kurang terlatih.

Permasalahan-permasalahan di atas, perlu ditelaah dan ditempatkan sesuai konteksnya. Sebagai langkah pertama untuk mencari solusi, penting bagi kita untuk meneliti, mengumpulkan, dan memetakan data untuk merumuskan permasalahan-permasalahan ini seakurat mungkin.

Untuk itu, di tahun pertama acara ini, kami mengajak semua pihak—komunitas, praktisi, akademisi, bisnis—yang berkaitan dengan desain di Surabaya untuk bersama-sama mengintrospeksi diri dan berbagi cerita menvgenai situasi kondisi masing-masing dalam satu forum. Semua acara dilakukan tiap akhir pekan di C2O. Gratis dan terbuka untuk umum.

Hasil dialog ini kemudian akan didokumentasikan sebagai publikasi pasca-acara yang harapannya dapat kemudian digunakan sebagai data untuk perumusan dan analisa permasalahan. Kami berharap, keberadaan dokumentasi dan publikasi ini dapat sedikit membantu membuat permasalahan-permasalahan yang mungkin terasa begitu kompleks dan kabur menjadi lebih terlihat (visible) dan terwujud (tangible). Kami percaya, dokumentasi dan referensi adalah langkah awal yang penting untuk sebuah proses: Design It Yourself.

OPEN FOR EVERYONE

@C2O library
Jl. Dr. Cipto 20 Surabaya

-18.00 – 18.30
Intro to DIY (Design It Yourself)

-18.30-20.00
DIY TALKS Day 1:
Introduction to Design

Panelis :

Bing Fei (vaith design)
Josef Prijotomo (Guru besar Arsitektur ITS)
Anas hidayat (republik kreatif)

Moderator :
Ramok Lakoro (DKV ITS)

Diskusi hari pertama dimulai dengan pengantar desain secara umum dan universal. Mulai dari makna kata desain, proses, hingga peranan dan tantangannya dalam peradaban manusia. Semuanya dikontekskan dengan kondisi terkini di masyarakat.Menghadirkan panelis dari disiplin dan modus kreatif yang berbeda-beda sehingga memancing keberagaman perspektif pikiran.

-20.00-20.48
DIY Screening
The Genius of design Episode 1 : “ghosts in the machine”
BBC TV series
Duration 48m

INFO:
Kathleen Azali
Email: [email protected]
Ph: 0858 5472 5932

C2O library
Jl. Dr. Cipto 20 Surabaya 60264 (map/peta)
T: +62 858 5472 5932
E: [email protected]
W http://c2o-library.net
http://facebook.com/c2o.library