Mark Harris – An Idea of North / Learning to Walk

an idea of north / learning to walk merupakan album perdana milik Mark Harris. Perlu diketahui bahwa Mark Harris disini bukan seorang penyanyi kontemporer tahun 90an asal Amerika. Mark Harris disini adalah seorang solois, programmer yang juga salah satu personil sebuah proyek electronic/visual Modulate dari Inggris. Menarik, karena Mark Harris ini ternyata menjadi satu-satunya artist yang menawarkan materi-materi field recordings, electro-acoustic, ambient-drone di labelnya n5MD yang notabene banyak melahirkan musisi-musisi IDM, ambient, dan post-rock dengan balutan musik electronic.

Terdapat 5 track lagu di album ini dengan durasi total sekitar 44 menit an idea of north / learning to walk menjadikannya hit single dengan durasi hampir menghabiskan setengah dari total durasi, 19:30 menit. Disini Mark Harris mengusung binaural beats dengan frekueensi tingkat nada kisaran 4-13 Hz. Di gelombang frekuensi sedemikian rupa dapat menjadikannya sebagai musik untuk relaksasi, pengantar tidur, ataupun untuk bermeditasi. Ada berbagai cara untuk menikmati racikan binaural beats yang terekam kedalam an idea of north / learning to walk ini, salah satunya dengan mendengarkannya melalui headphone atau earphone, niscaya ketenangan akan meresap dipikiran kosong kita. Akan lebih klimaks rasanya jika kita menambahkan visual tersendiri, semacam ambience footage untuk menggambarkan binaural beats yang diciptakan oleh Mark Harris. Ya, mungkin Mark Harris akan melakukan hal tersebut jika bermain live set. Bermain sebagai programmer dan memainkan visual secara bersamaan.

Mark Harris tidak semata-mata mengusung field recordings saja di albumnya ini. Unsur analog pun menjadi additional instrument yang pas dengan konsep soundscaping yang dibangun secara atmosferik. Komposisi soundscaping yang natural begitu menyatu ketika dipadukan dengan suara-suara analog khas ambient dan alunan orkestra, Tidak sulit untuk mencerna karya magis penuh ketenangan milik Mark Harris ini, karena relaksasi merupakan suatu cara untuk melepas penat bagi hampir semua orang. Jika seseorang bertanya kepada saya tentang bagaimana cara untuk melepas penat, saya akan menjawab “dengarkanlah musik Mark Harris”.

[one_half last=”no”]


 
 [Dean Genial Iqbal] [/one_half]

 

 
 

 

Track list:

01. Softly Lies Sleeping 7:15
02. In Slow Motion She Falls 5:35
03. An Idea Of North/Learning To Walk 19:30
04. A Place Of Safety All Things Will Change 5:50
05. Towards An Ending And Reprise 6:12