Architecture UI Fair (AFAIR) 2012 merupakan rangkaian acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur BEM FTUI dan Departemen Arsitektur Universitas Indonesia sebagai ajang unjuk gigi mahasiswa arsitektur Universitas Indonesia dalam berkarya dan menanggapi isu-isu di sekitarny yang kemudian diolah menjadi sebuah bentuk komunikasi arsitektur kepada masyarakat umum, akademisi, dan profesional. Tahunini, AFAIR 2012 mengangkat tema “Play With Your Surrounding” sebagai bentuk pengkomunikasian ruang arsitektur kepada masyarakat umum melalui cara yang menyenangkan, lebih mudah dimengerti, interaktif, dan komunikatif. ‘Bermain’ sendiria dalah salah satu kegiatan mendasar yang lepas dari belenggu rutinitas dan dapat menimbulkan kepuasan (pleasure) serta interaksi dengan sekitarnya Dengan tema ini diharapkan dapat menimbulkan pemahaman lain tentang arsitektur di masyarakat umum dan dapat menjadi sudut pandang baru bagi para pelaku/penikmat arsitektur.

Rangkaian acara AFAIR 2012 dimulai dengan workshop mengenai instalasi public sebagai pembekalan untuk peserta sayembara Play With Your Surrounding yang mengangkat tema serupa. Workshop ini tergabung dalam pre-event AFAIR 2012 yang diadakan pada Sabtu, 29 Oktober 2011 di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, sekaligus menjadi penanda dimulainya sayembara yang ditujukan bagi mahasiswa dan peminat arsitektur, desain dan seni ini. Workshop diisi oleh Adi Panuntun (video mapping Museum Fatahillah) dan ArdiYunanto (Stiker Kota, karbonjournal.org) mengenai pengalaman & trik mereka dalam membuat karya instalasi public.

Dari sekitar 68 tim yang mengirimkan ide instalasi mereka, akhirnya terpilih 5 tim finalis dengan ide-ide instalasi menarik yang menjadi respon akan isu danfenomena di sekitarnya, untuk kemudian direalisasikan. Kelima tim tersebut adalah tim dari Binus (Basket Bin, tempat sampah di Taman Menteng), ITB (Dobrak Kotak, tempat duduk taman), UNS (Traffic Joke, instalasi suara di lampu merah dan Halte Ekspresi, instalasi kaca di halte bus) dan UGM (Handel Bandel, instalasi pintu di toilet umum). Pada rangkaian acara puncak AFAIR 2012 kelima entri sayembara ini dinilai oleh tim juri setelah kelimanya direalisasikan, di dokumentasikan, dan di ujicobakan ke masyarakat umum.

Tahap final sayembara ini dilaksanakan pada rangkaian acara puncak AFAIR 2012 bersamaan dengan open house karya mahasiswa dari Departemen Arsitektur Universitas Indonesia, public lecture mengenai instalasi publik yang diisi oleh Agus Iswahyudidan Ari Setyo (Ambitexts) serta Iswanto G. Hartono. Pameran yang diselenggarakan di Exhibition Hall C 2nd floor, East Mall Grand Indonesia dan berlangsung selama seminggu dari tanggal 29 Januari 2012 sampai 4 Februari 2012 ini juga masih mengusung tema Play With Your Surrounding dengan instalasi pameran yang dirancang untuk mengajak pengunjung bermain seperti instalasi lampu injak dan tetra seats.

Akhir rangkaian acara AFAIR 2012 ditandai dengan penjurian karya sayembara oleh Sarah Ginting (arsitek Gang Sesama), Yandi Andri Yatmo (penerima Holcim Award untuk karya arsitektur) dan Ardi Yunanto. Sayembara dimenangkan oleh tim dari UGM dengan Handel Bandel dan juara 2 diraih oleh tim dari UNS dengan Halte Ekspresi.

Text and Photos : Press Release @AFAIR2012