Symphonesia merupakan acara tahunan Himpunan Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (HI FISIP UNPAD) yang diselenggarakan sejak tahun 2008. Symphonesia diadakan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa HI FISIP UNPAD terhadap berbagai isu penting khususnya isu yang terkait dengan Indonesia dan hubungan internasional. Melalui rangkaian acara Symphonesia, diharapkan isu-isu penting yang selama ini dipandang sebagai urusan kaum elite saja, dapat disebarluaskan dan dipahami oleh masyarakat sehingga dapat memunculkan dan meningkatkan kesadaran serta kepedulian mereka terhadap isu tersebut..

Dalam setiap penyelenggaraannya, Symphonesia selalu mengangkat isu penting dan aktual yang berbeda. Pada tahun 2012 ini, Symphonesia hadir dengan mengangkat isu pariwisata sebagai soft power bagi Indonesia yang dikemas dalam Symphonesia 2012: Wonders Within Indonesia.

Soft power merupakan salah satu konsep power yang dikemukakan oleh pengkaji studi Hubungan Internasional, Joseph S. Nye, Jr. . Soft power adalah salah satu bentuk power dimana dalam praktiknya menggunakan cara-cara yang atraktif tanpa kekerasan, paksaan, ancaman, maupun bayaran untuk mempengaruhi pihak lain sehingga secara sadar maupun tidak, pihak lain tersebut menginginkan atau bahkan bertindak sesuai apa yang diinginkan pemilik power dengan sukarela. Joseph S. Nye, Jr. mengatakan bahwa elemen penting dari soft power adalah budaya-budaya, nilai-nilai, dan kebijakan. Indonesia memiliki elemen penting soft power tersebut, khususnya budaya dan nilai-nilai dalam potensi pariwisatanya. Hal ini menunjukan bahwa pariwisata Indonesia memiliki potensi untuk dijadikan soft power bagi Indonesia. Apa, mengapa, dan bagaimana perwujudan dan penerapan konsep inilah yang akan menjadi bahan kaji dan isu utama yang disampaikan dalam Symphonesia 2012: Wonders Within Indonesia.

Terdapat tiga acara dalam Symphonesia 2012: Wonders Within Indonesia yaitu seminar internasional, bazaar, dan konser musik. Ketiga acara ini dirancang saling berhubungan dan merangkai antara satu dan lainnya sehingga dapat memberikan pemahaman yang utuh dan menyeluruh pada masyarakat mengenai konsep pariwisata sebagai soft power, sehingga tujuan diadakannya Symphonesia ini dapat dicapai secara maksimal.

Seminar internasional dalam rangkaian acara Symphonesia 2012: Wonders Within Indonesia, mengangkat judul Tourism as Soft Power of Indonesia dan akan diselenggarakan pada tanggal 26 April 2012 di Gedung Grha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran, Jalan Dipati Ukur nomor 35, Bandung (Kampus UNPAD Dipati Ukur). Seminar berbahasa inggris ini diadakan sebagai salah satu cara untuk membangun fondasi pemahaman masyarakat pada umumnya dan kalangan pelajar serta akademisi pada khususnya, mengenai bagaimana sektor pariwisata dipandang bukan hanya sebagai komoditas ekonomi semata namun lebih dari itu, yakni sebagai sumber kekuatan bagi Indonesia.

Bazaar dan konser musik Symphonesia 2012: Wonders Within Indonesia diselenggarakan pada tanggal 5 Mei 2012 di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jalan Tamansari nomor 73 Bandung. Bazaar dan konser musik ini mengajak  masyarakat dan generasi muda untuk memahami konsep pariwisata sebagai soft power bagi Indonesia. Bazaar akan diisi oleh berbagai stand yang akan menampilkan potensi-potensi pariwisata Indonesia seperti kesenian, kebudayaan, pameran foto alam Indonesia, dan berbagai kuliner tradisional Indonesia. Dalam konser musik, selain menampilkan pagelaran musik dari berbagai musisi Indonesia berkualitas, akan ditampilkan juga beberapa video mengenai pariwisata Indonesia. Sehingga diharapkan, masyarakat dan generasi muda yang datang ke bazaar dan konser musik ini dapat memahami konsep pariwisata sebagai soft power bagi Indonesia.

Melalui tiga rangkaian acara ini, Symphonesia 2012: Wonders Within Indonesia mengajak masyarakat Bandung dan seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga, melestarikan, dan mengembangkan pariwisata Indonesia sehingga sektor pariwisata dapat menjadi salah satu sumber kekuatan Indonesia dalam interaksinya di dunia internasional.

Sekarang adalah saatnya masyarakat dan generasi muda Indonesia yang bertanggung jawab dalam mengelola, mengembangkan, dan memaksimalkan potensi pariwisata Indonesia menjadi sumber kekuatan bagi Indonesia. Karena setiap dari kita adalah duta pariwisata Indonesia, karena itulah masa depan pariwisata Indonesia ada di tangan kita. Because We are One of  Wonders within Indonesia.

 

Symphonesia
Sabtu/05 Mei 2012
14.00 – Selesai

Sasana Budaya Ganesha (Sabuga)
Bandung

  • God Bless
  • Sheila on 7
  • The S.I.G.I.T
  • White Shoes and The Couples Company
  • Alone at Last
  • Bottlesmoker (Feat SPDC Unpad + Choir Anak)
  • Taringculla
  • Morgen Bis Abend
  • Gigolos

Ticket:
Single Rp. 75.000
Double Rp. 145.000
Get 5 Rp. 350.000

Tiket Box:
Potluck Kitchen
Disc Tarra Dago
Ngeumong Cuisine

Seminar Internasional: Tourism as Soft Power
Kamis/26 April 2012
09.00 – Selesai
Graha Sanusi Hardjadinata
Jl. Dipatiukur No. 35
Gratis
085766103737 (Anggun)

www.symphonesia.com