Ada beberapa cara yang dilakukan oleh beberapa anggota band untuk mengatasi kejenuhan dalam bermusik, salah satunya adalah dengan membentuk side project musik baru. Seperti yang dilakukan oleh Chino Moreno ketika membentuk membentuk sebuah side project electronic rock, ††† (Crosses) bersama Shaun Lopez dan Chuck Doom. Diantara kedua teman masa kecilnya itu, mungkin hanya Chino Moreno-lah yang terdengar lebih familiar karena sudah terlebih dahulu dikenal melalui band nu metal-nya, Deftones.

Dipertengahan tahun 2012 kemarin ††† (Crosses) baru saja merilis EP kedua mereka dengan judul EP ††. EP ini merupakan kelanjutan dari EP pertama mereka, “EP †” yang dirilis tahun 2011 dan didistribusikan secara gratis dengan format digital di website mereka, www.crossesmusic.com. Secara musikal,  side project kedua Chino Moreno ini mengusung genre electronic rock yang dipadu dengan sentuhan trip-hop, ambient serta house.

Musiknya sendiri membangun atmosfer gelap untuk membentuk sebuah karakter musik yang berbeda dengan Deftones. Suara metal yang ‘lesu’ khas Chino didukung dengan looping drum mendominasi di setiap lagunya. Shaun Lopez berperan sebagai penjaga tempo dengan blocking-blocking gitar berdistorsi. Disini Chino tampaknya banyak terinspirasi dari unsur keagamaan tertentu dan juga mistis di setiap penulisan lagu-lagunya. Ini tercermin di dalam penulisan lirik mereka yang mempunyai ciri khas tersendiri yaitu: setiap judulnya menggunakan icon † sebagai pengganti huruf T. Seperti Fron†ier, Prurien†, †Elepa†hy dan †Rophys.

Mendengarkan seluruh tracklist EP dari ††† (Crosses) ini sedikit mengingatkan kami akan side project terdahulunya Chino Moreno, Team Sleep yang sempat merilis album di tahun 2005. Bermain di satu koridor yang sama yaitu musik electronic rock dengan sentuhan ambient, dan trip-hop. Serupa tapi tak sama. Ya, kira-kira seperti itulah yang dapat menggambarkan antara Team Sleep dengan ††† (Crosses). Sedikit mengecewakan tentunya karena sebenarnya para fans Chino Moreno mempunyai ekspetasi tinggi terhadap sound yang di usung oleh ††† (Crosses). Namun, ini bisa menjadi referensi yang tepat jika kamu sudah mulai merasa bosan mendengarkan Deftones.