Genap berusia satu tahun, e-commerce fashion Indonesia, LocalBrand.co.id, merayakan ulang tahunnya pada hari Sabtu, 24 November 2012 di Poste – Mega Kuningan. LocalBrand.co.id sendiri diluncurkan pada tanggal 20 November 2011. Berjalan selama 12 bulan, e-commerce fashion Indonesia ini telah mengalami banyak perkembangan. Memulai dengan 30 brand fashion, LocalBrand.co.id kini memiliki lebih dari 70 brand berkualitas tergabung di dalam online mall-nya. Secara tampilan pun, website LocalBrand.co.id mengalami banyak perubahan. Dari tampilan yang sangat simpel dan bernuansa hitam putih berevolusi menjadi tampilan yang lebih berani dalam warna dan dinamis dengan perubahan tema setiap bulannya.

 

Dari segi pelayanan, LocalBrand.co.id melakukan banyak improvements. Salah satunya adalah dengan menerima pembayaran dengan kartu kredit, di samping transfer melalui bank dan PayPal. Pembelian pun sekarang dapat dilakukan dengan COD (Cash on Delivery), yaitu membayar barang pesanan langsung di tempat. Pemesanan sendiri telah ditambah opsinya tidak hanya melalui website saja, tetapi bisa melalui email, telepon, bahkan BBM (blackberry messenger). Dan peningkatan pelayanan yang sangat signifikan adalah kecepatan pengantaran barang setelah pemesanan dilakukan, serta opsi untuk return barang yang telah dibeli hingga 7 (tujuh) hari setelah barang sampai.

 

Content dari website LocalBrand.co.id sendiri telah banyak berkembang dalam setahun belakangan. Di samping sebagai media berbelanja online, LocalBrand.co.id juga menjadi sarana informasi mengenai fashion terkini dengan berbagai fitur yang ditambahkan, seperti “The Look” yang mengulas mengenai ikon dalam dunia fesyen dan industry kreatif, serta “Daily”, sebuah blog mengenai tren fesyen terkini.

 

Statistik juga menunjukkan perkembangan yang pesat dalam satu tahun ke belakang. Setiap bulannya, visitor website LocalBrand.co.id mencapai lebih dari 50 ribu pengunjung. Traffic harian pun menunjukkan peningkatan yang berkesinambungan setiap bulannya. Pemesanan pun tidak hanya datang dari pasar lokal saja tetapi juga dari mancanegara seperti Singapura, Australia, dan beberapa negara tetangga lainnya.

 

Pada bulan Juli 2011 yang lalu, LocalBrand.co.id melalukan revamp pada websitenya setelah melakukan evaluasi selama 8 bulan berjalan serta melakukan survey dan mendapatkan masukan dari para pelanggannya. Perubahan paling signifikan adalah perbaikan pada kualitas foto produk serta alur berbelanja yang jauh lebih mudah. Revamp tersebut membuahkan peningkatan transaksi hingga 30% setiap bulannya.

 

Dengan begitu banyak perkembangan yang telah dicapai, sasaran yang ingin dicapai berikutnya adalah memperkenalkan LocalBrand.co.id kepada dunia internasional, dimulai dengan wilayah regional Asia Tenggara. Dengan tujuan mendukung potensi lokal untuk berkembang bersama, LocalBrand.co.id akan merangkul seluruh brandnya untuk berkembang bersama menuju pasar internasional Hal tersebut selaras dengan visi LocalBrand.co.id untuk mendukung berkembangnya industry fesyen Indonesia agar dapat bersaing secara global.

LocalBrand.co.id merupakan produk dari Local.co.id, sebuah usaha untuk mendukung segala potensi dan kecakapan lokal melalui informasi dan teknologi. Selain LocalBrand.co.id, produk kedua dari Local.co.id turut diluncurkan (dalam versi beta) pada acara tersebut. Yaitu LocalTalent.co.idsebuah online creative talent management dengan bertujuan untuk mempertemukan talent lokal dengan pemberi kerja di dunia industri kreatif. Dengan kedua produk tersebut, Local.co.id akan terus berusaha mendukung potensi anak negeri dan membawa mengharumkan nama Indonesia di dunia Internasional.

Press Release
Dwimayu Budinastiti
Content Manager LocalBrand.co.id